Bakwan Gungju (Jagung Keju)

Iseng-iseng bikin bakwan jagung pake keju, enak juga, hehe…

Bahan:

1 butir jagung, pipil.

1/4 bagian keju, potong dadu

1 batang daun bawang, iris tipis

1 sdt daun seledri cincang

50 gr tepung terigu

30 gr tepung beras

Haluskan:

1 siung bawang putih

2 butir bawang merah

Garam secukupnya

Merica secukupnya

Cara membuat

1. Campur tepung terigu dan tepung beras dengan bumbu halus dan air, hingga rata.

2. Masukkan jagung pipil dan keju dadu, aduk rata.

3. Ambil satu demi satu sendok, goreng di atas wajan dengan minyak banyak dan panas hingga matang kecoklatan. Angkat, sajikan hangat-hangat.

Pisang Keju Goreng

Pisang gorengnya luar biasa, ditambah lagi ada “ranjau” di dalam pisangnya, yang lembut dan agak2 meleleh, hmm…

Bahan:

2 buah Pisang Tanduk, potong jadi 3 bagian

Keju Cheddar, potong dadu 0,5 cm x 5 cm

50 gr tepung terigu

30 gr tepung beras

1/8 sdt bubuk kayu manis

1/4 sdt vanilla bubuk

1/4 sdt garam

sejumput gula

air untuk campuran adonan tepung

Cara Membuat:

1. Campur tepung terigu dan tepung beras dengan air hingga rata.

2. Masukkan garam, gula, bubuk kayu manis dan vanila bubuk, aduk rata. Sisihkan.

3. Lubangi masing-masing potongan pisang dengan sumpit, hingga tembus ke bagian akhir pisang, masukkan keju ke dalam lubang tersebut.

4. Lumuri pisang dengan adonan tepung, goreng hingga matang kecoklatan. Sajikan hangat.

Nasi Goreng Spesial

Ini diaaa!!

Nasi Goreng ter-enak yang pernah saya bikin! Nggak cuma bawang merah bawang putih cabe aja lho, ada secret recipee yang istimewa ternyata. Nggak kalah deh sama masakan restoran atau resto cina, bedanya nasi goreng ini nggak pake angciu, karena menurut Islam pemakaian ang ciu diharamkan, di dalamnya mengandung alkohol. Setelah pengalaman beberapa kali bikin nasi goreng macem2 versi, akhirnya saya berhasil membuat nasgor versi enak. Cita rasa orientalnya dapet banget lho.. Pengen tau? Niih.. silakan dicoba ya.. Jangan lupa kalo dah berhasil bagi-bagi pengalamannya ke saya yaa.. 🙂

Bahan-bahan:

2 piring nasi kemaren (bukan nasi pera ya)

1 butir sosis ayam/sapi, iris tipis (bisa diganti dengan 1 lembar daging ayam/sapi asap)

3 sdm jamur kancing rebus

2 sdm sayuran beku, celup ke dalam air panas, diamkan sebentar. (tersedia di supermarket) bisa diganti dengan polong, wortel iris dadu, jagung pipil, dan buncis iris kecil)

1 sdt kecap manis

1 sdt kecap ikan

2 sdm saus tiram

1 sdt flat garam

1 sdm margarine

1 sdm minyak goreng

Bumbu:

2 siung bawang putih, memarkan lalu cincang kasar

1 butir bawang bombay kecil, iris dadu tipis

3 butir cabe merah keriting, ulek halus

1 butir cabe merah rawit (bisa ditambah sesuai selera kepedasan)

Cara membuat:

1. Panaskan margarin dan minyak di wajan, tumis bumbu layu dan hingga harum.

2. Masukkan jamur dan sosis/daging asap, aduk rata sebentar

3. Masukkan nasi, aduk rata.

4. Masukkan cepat: saus tiram, garam, kecap manis. Aduk rata.

5. Tambahkan kecap ikan ke dalam nasi goreng, aduk rata, angkat segera dan sajikan panas-panas.

Nah, jadi kan? Saya biasanya sih menghidangkan nasi goreng ini dengan telur ayam dadar atau telur ayam ceplok. Saya juga pernah membubuhinya dengan topping keju parut, pernah juga dengan kornet yang sudah ditumis, dan nggak lupa… krupuk udang. Siap disajikan deh! Rasanya? Duuuh.. laler nyamper liwaaaat..! 😀 (lebay.com)