Inspirational Books

Dalam hidup saya, buku adalah bagian yang nggak bisa dipisahkan. Sama kaya suami, belahan jiwa. Kalo buku saya menyebutnya sebagai belahan pikiran, hehe… Ngarang abis ya? ;p

Dari jaman doeloe masih kecil, saya selalu dimanjakan dengan buku oleh Bapak. Semasa jadi mahasiswa, kalo punya duit lebih pasti saya beli buku, jumlah buku saya setelah lulus kuliah ada 250-an. Mungkin masih kalah dibanding yang punya lebih dari itu, maklum.. anak kosan yang duitnya dijatah, jadi harus pinter ngelola duit buat sekedar beli satu buku.

Nah, sekarang udah punya duit sendiri apa lagi.. Pernah saya menghabiskan uang 400ribu perak sekali belanja buku! Tak mengapa, buat saya buku itu adalah investasi dan warisan ke anak cucu kelak. Sifatnya yang tak lekang oleh waktu, ilmu yang tidak akan habis digali, adalah beberapa ciri yang saya suka dari buku. Secara teori, buku cukup memberikan saya feed untuk otak dibanding baca e-book di internet! Serius! Kenapa? Karena dengan baca buku, mata saya nggak capek karena sinar radiasi monitor komputer, bisa di-delayed baca bukunya, nggak perlu switch on-in komputer untuk baca, dan yang istimewa.. bisa ditandai dengan pensil kalimat bagian mana yang penting, dan bisa dibaca berulang-ulang dengan mudah, sambil tiduran atau di WC juga bisa! Nggak percaya? Coba aja! Hehe..! <– saya sih belum pernah baca di WC, bikin nggak konsen “ngeluarin”nya.

Saya selalu menyimpan rapi buku-buku saya di rak kamar kosan saya. Saya tata berdasarkan nomor klasifikasi DDC edisi 22. Katalog buku-buku itu saya simpan di software sederhana buatan sendiri pake MS Access lengkap dengan daftar peminjamannya. Hal itu cukup memudahkan saya mencari dimana buku saya berada. Perpustakaan pribadi saya bernama Anisa Library. So simple!

buku dan posisi manusia sebagai top of the world

buku dan posisi manusia sebagai top of the world

Buku-buku saya diantaranya ada buku kuliah, fiksi, non fiksi, sampai DDC 22 pun ada (versi foto kopi siiih heheheh! <– jangan ditiru! Beli selalu yang asli! — kalo dananya mencukupi ;p –) Nah, diantara 250-an judul buku itu, ada beberapa buku yang saya kagumi, buku-buku itu adalah inspirasi saya untuk menjalani kerasnya hidup ini.. huk! Selain itu, ada buku-buku yang menjadi inspirasi otak saya dalam berpikir. Buku-buku tersebut sebagai pengasah otak saya biar nggak tumpul.

And voilaa! Berikut ini adalah buku-buku yang menjadi inspirasi saya, ada beberapa buku yang sudah out of date, tapi masih menarik untuk dibaca. Here they are:
1. The Boy In The Stripped Pajamas (novel)
2. Law of Attraction (motivasi)
3. The Secret (motivasi)
4. Seks, Bukan Sekedar Birahi (religi)
5. Menyatakan Perbedaan Pendapat Dengan Elegan (komunikasi)
6. Ensiklopedi Wanita Muslimah (religi)
7. How to Get Married (religi, umum)
8. The Alchemist (novel)
9. Sepotong Senja untuk Pacarku (novel)
10. Leaving Microsoft to Change the World (biografi)
11. Trilogi Dosa Politik SBY (politik)
12. J-Curve (politik)
13. Orang Miskin Dilarang Sekolah (pendidikan)
14. Negara Dunia Ketiga dan Permasalahannya (politik, ekonomi)
15. Sekolah Gratis (pendidikan)
16. Food Combining (kesehatan)
17. Oregon (wisata)
18. Bristol (wisata)
19. Permasalahan Perbankan di Indonesia (ekonomi, perbankan)
20. Men are from Mars, Women are from Venus (psikologi)
21. Kuliah Gratis di Luar Negeri, Mau? (pendidikan)
22. Spiritual Salah Kaprah (Religi)
23. Membaca Indonesia (politik)
24. Langit Jingga Hatiku (biografi)
25. Quantum Teaching (religi, pendidikan)

Banyak yaaa? Hehehe.. Dari sekian banyak buku itu, kok nggak ada buku itung-itungan alias matematik ya? Hmm.. saya memang nggak suka matematika. Satu-satunya pelajaran MIPA yang saya suka adalah Fisika, itupun bukan mengenai rumus-rumusnya, saya lebih suka mempelajari Ilmu Antariksa, seru! Apalagi kalo mempelajari planet-planet, atau bentuk benda langit, gugusan bintang, solar system, dan kisah luar angkasa lain kecuali UFO (<– hehe, saya nggak percaya UFO!) seakan menjelajah ke luar angkasa beneran!

Masih ada banyak buku yang lain yang menarik untuk dibaca. Untuk saat ini, yang paling menginspirasi saya ya buku-buku itu. Semoga bisa menginspirasikan Anda untuk membacanya. Penasaran sama sinopsisnya? Menyusul kemudian yaa sinopsisnya.. 😉

4 Tanggapan

  1. hohoho, ayo tambahkan buku gw ke dalam koleksi buku lo, nis :))

  2. thx ji… siap! 🙂

  3. mas/mba..bisa gak saya beli salah satu dari buku punya mas…soalnya itu sedang saya cari-cari sekarang

  4. bacaanmu berbobot ya! tentu kamu banyak duwit, kasih tahu untuk mendapatkan bacaan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: